Jalani, Nikmati dan Petik kesuksesan Hidupmu, Sama Halnya dengan Proses Belajar Sejarah

Tahukah kamu, apa sebenarnya pengertian dari sejarah ?

okeh ….. kita simak beberapa pengertian sejarah yang sering kita baca, dengar dan bahkan sering kita temui dalam berbagai sumber buku sejarah, dan juga artikel-artikel menarik tentang kesejarahan diinternet. seperti halnya yang dikatakan oleh Prof. Dr. H. Sulasman, M. Hum. dalam bukunya yang berjudul Metodologi Penelitian Sejarah, dengan Pengantarnya, Prof. Dr. Tajul Arifin, M.A, Beliau Menegaskan Bahwasannya, Secara etimologi, Kata sejarah berasal dari bahasa arab, yaitu Syajarah, artinya pohon kehidupan, akar, keturunan, dan asal-usul. dinamakan demikian karena fokus awal dari pembahasan sejarah pada masa klasik adalah menelusuri asal-usul geneologi (nasab: Keturunan) yang umumnya digambarkan sebagai “pohon keturunan atau keluarga”(mulai akar, cabang, daun, hingga buah) (Sulasman, Metodologi Penelitian Sejarah, Pustaka Setia, Hal: 15, 2014).

Dari penjelasan yang di paparkan di atas, tentunya ini begitu menarik untuk di pahami dan di kaji lebih dalam lagi mengenai pengertian sejarah. yang tentunya akan menimbulkan banyak pertanyaan dan pernyataan yang menarik dan akan membuat kontroversi baru dalam sejarah. karena, beda orang, beda pemahaman dan pengertian ketika mereka mengungkapkan sesuatu yang telah dibaca dan dipelajarinya. Seajarah itu, dikaitkan dengan pohon atau digambarkan dengan istilah sebuah pohon, kita sebagai generasi penerus bangsa, tentunya harus memahami kenapa bisa begitu, kenapa di kaitkan dengan pohon. justru pengertian dan penjelasan ini begitu menarik untuk dikaji dan dicermati lebih dalam lagi. karena memang untuk memahami sejarah itu, susah-suah gampang, tapi ketimbang banyak susahnya mending kita ambil banyak gampangnya saja, biar kita enjoy dan begitu menikmati setiap alur yang kita baca dan kita pahami dalam belajar sejarah. Sejarah, (akar, pohon, batang, ranting, daun, bunga dan buah) bukankah itu sudah jelas. kalau kita lihat dan pahami ketika kita merenungi semua keluh kesah dalam hidup kita. benar sekali. sejarah itu tidaklah membosankan. belajar sejarah itu asyikn, enjoy dan harus dinikmati. Bukankah proses hidup kita juga selalu dinikmati dengan enjoy. bukan banyak mengeluh dan serba AH. dari pengertian di atas yang di sampaikan oleh Prof. Sulasman. itu benar-benar menarik untuk kita cermati. bukankah ketika kita menginginkan sebuah hasil, atau produk, atau sebuah karya. itu tidaklah berbeda dengan Sejarah. dari mulai akar, batang sampai buah. itu adalah proses hidup. jadi intinya nikmatilah hidup. dengan berserah diri kepada sang pencipta. dan nikmatilah proses, agar kita mendapatkan sebuah hasil yang maksimal sesuai yang kita inginkan. begitu juga dengan belajar sejarah, nikmatilah kawan. Tidak akan ada hal yang membosankan ketika kita menikmati sebuah prosesnya. itulah sedikit penjelasan sejarah menurut bahasa dan istilah yang bisa penulis paparkan, sebenarnya masih banyak hal menarik dan unik dari pengertian sejarah ini.

Sejarah menurut para ahli dan pemikir tempoe doeloe. ini akan lebih menrik lagi untuk kita kaji dan kita bahas lebih mendalam lagi. Ibnu Kahldun Pernah berkata: “Sejarah sebagai catatan tentang manusia dan peradabannya dengan seluruh proses perubahan secara nyata dengan segala sebab dan akibatnya” (Hesti Dwi Rahmawati, Sejarah Indonesia, Erlangga, hal: 2, Edisi revisi 2016).

Share :
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Terkait